header-int

Kunjungan Akademik tentang Kuliah Pengenalan Lapangan di LAPAN

Kamis, 26 Jul 2018, 14:32:51 WIB - 159 View
Share

    Bandung-Pussainsa (11/05/2016). Pengetahuan sains antariksa perlu  disosialisasikan bagi masyarakat khususnya para siswa baik di kalangan SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi. Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pussainsa LAPAN terus melaksanakan tugas pokok dan fungsinya terkait sosialisasi hal tersebut. Dalam hal ini Humas juga melayani kunjungan dari berbagai instansi. Salah satunya adalah penerimaan kunjungan dari STMIK Pranata Indonesia Bekasi pada hari Rabu, 11 Mei 2016 dengan jumlah sekitar 55 mahasiswa beserta dosen pembimbing.

Bpk. Habib selaku perwakilan dosen menyampaikan rasa terima kasihnya karena telah diterima oleh pihak LAPAN. ”Kami berharap para mahasiswa dapat menambah wawasan tentang LAPAN khususnya terkait sistem informasi yang dijalankan di LAPAN ini. Kami berharap teori yang didapat di perkuliahan bisa diterapkan dalam dunia pekerjaan ke depan. Oleh karena itu, ini merupakan suatu pembelajaran langsung di tempat ini. Mudah-mudahan materi yang nanti disampaikan oleh peneliti LAPAN dapat dimengerti dan mahasiswa bisa langsung berinteraksi tanya jawab jika belum jelas, ”ucap dosen pembimbing.

Kepala Bagian Administrasi Pussainsa, Nurkhamdani, S.IP menyampaikan sambutan dalam penerimaan kunjungan ini. ”Selamat datang kepada para dosen dan mahasiswa sekalian, terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkunjung ke LAPAN Bandung. Di sini ada 2 pusat penelitian yaitu Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) dan Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA). Pussainsa melakukan penelitian sains antariksa, sedangkan PSTA melakukan penelitian sains atmosfer. Kami melakukan penelitian dan pengembangan sains antariksa dan atmosfer yang dapat digunakan oleh berbagai instansi baik pemerintah kota maupun daerah. Mudah-mudahan penjelasan materi yang disampaikan oleh peneliti kami bisa bermanfaat bagi mahasiwa sekalian,” ucap Kabag Administrasi.

Pertama-tama diberikan penjelasan tentang profil LAPAN oleh Christine Wdianingrum, S.Pd. Kemudian dilanjutkan pemaparan dari peneliti bidang Program dan Fasilitas Pussainsa, Elyyani, S.Si tentang ”Sistem Informasi dan Jaringan Komputer””. Dalam presentasinya dijelaskan bagaimana sistem informasi dan jaringan yang ada di Pussainsa LAPAN serta cara transfer data hasil pengamatan dari setiap balai-balai di Pasuruan, Biak, Sumedang, Pontianak ke LAPAN Bandung.

Setelah mendengarkan paparan dari peneliti, beberapa mahasiswa mengajukan pertanyaan terkait materi tersebut. Mahasiswa STMIK Pranata Indonesia diajak juga meninjau media center sebagai monitoring hasil-hasil pengamatan cuaca antariksa di SPICA (Sistem Pemantauan dan Informasi Cuaca Antariksa) dan diberikan penjelasan terkait monitoring tersebut oleh peneliti Pussainsa, Fitri Nuraeni, M.Si. Selain itu ke media center ASTINA yang berada di PSTA.

(Humas Pussainsa: Christine/Jaja)

sumber : http://pussainsa.lapan.go.id/index.php/subblog/read/2016/457/KETERTARIKAN-MAHASISWA-STMIK-PRANATA-INDONESIA-BEKASI-PELAJARI-SISTEM-INFORMASI-LAPAN-BANDUNG/9

Unidha Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Pranata Indonesia
Sekolah Tinggi Manajemen Ilmu Komputer yang ada di Bekasi dan Menjadi Sekolah Tinggi Swasta yang Profesional, Berdaya Saing Link and Match
© 2018 Pranata Indonesia Follow Pranata Indonesia : Facebook Twitter Linked Youtube