Komputer Akuntansi


PENDAHULUAN

Dalam mendukung proses pembangunan yang salah satunya mengemban misi pendidikan diperlukan suatu pengembangan sumber daya untuk pemenuhan kebutuhan. Pembangunan haruslah memiliki dasar sumber daya yang dibekali dengan latar belakang keahlian yang kuat pada bidang-bidangnya. Salah satu kebutuhan dengan latar belakang keahlian yang saat ini begitu banyak dibicarakan adalah tenaga ahli teknisi dalam Teknologi Informasi. Pembangunan untuk kebutuhan manajemen ekonomi, perbankan, akuntansi keuangan juga merupakan slaah satu poin penting yang harus digaris bawahi. Hal ini didasarkan bahwa setiap perusahaan atau institusi apapun pasti memiliki pengaturan keuangan dalam menggerakkan organisasinya. Pengelolaan manajemen keuangan akuntansi modern dewasa ini sudah sangat berbeda dibandingkan sebelumnya hal ini dikarenakan ada proses akuntansi yang sudah ditunjang dengan adanya teknologi informasi yang berkembang begitu pesatnya. Dalam kaitan penjelasan sebelumnya disimpulkan bahwa kebutuhan akan Teknologi Informasi yang mampu mengatur proses keuangan adalah aspek vital yang saat ini dibutuhkan.

Penyelenggaraan pendidikan tinggi yang berfokus pada bidang ilmu keahlian dalam bidang teknologi komputer bersinergi dengan manajemen akuntansi yang dibentuk menjadi Program studi Komputerisasi Akuntansi ini nantinya diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dunia kerja dala hal sumber daya manusia yang dapat menghasilkan sumber daya yang cakap sebagai tenaga ahli teknisis yang berbekal kemampuan manajemen akuntansi yang handal.

 

VISI

Menjadi program studi unggulan tahun 2020 dibidang Komputerisasi Akuntansi dengan menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi dan keahlian yang dapat dibanggakan terutama dalam hal merancang Sistem Informasi Akuntansi sesuai dengan kaidah standar Akuntansi yang berlaku untuk perusahaan serta mampu melakukan audit Sistem Informasi Akuntansi dilingkungan perusahaan.

 

MISI

Dalam realisasi Visi yang telah dijabarkan sebelumnya program studi Komputerisasi Akuntansi memiliki beberapa Misi sebagai berikut :

    • Menerapkan kurikulum pendidikan yang sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan Kebutuhan dunia kerja.
    • Mengadakan pelatihan pengembangan keterampilan dan keahlian dibidang informasi Akuntansi.
    • Menggalang kerjasama dengan stakeholder dan instansi terkait untuk penempatan lulusan dipraktek lapangan dan dunia kerja.
    • Menyelenggarakan program pengabdian masyarakat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.
    • Membangun suatu ikatan alumni bagi setiap mahasiswa yang lulus guna penyebaran informasi yang terkait dengan lapangan pekerjaan, kerjasama, promosi maupun bentuk penelitian yang sifatnya meningkatkan kualitas bagi mahasiswa yang sedang menempuh studi dan juga pengembangan sumber daya internal di Pogram Studi Komputerisasi Akuntansi.

 

TUJUAN

Tujuan penyelenggaraan pendidikan diprogram studi Komputerisasi Akuntansi adalah sebagai berikut :

    • Mendidik calon Ahli Madya agar mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi yang dimilikinya sesuai dengan kegiatan yang produktif.
    • Mendidik calon Ahli Madya yang menguasai dasr-dasar ilmiah sehingga mampu berpikir, bersikap, bertindak praktisi dibidang pengembangan Sistem Informasi Akuntansi.
    • Membentuk dan menyiapkan calon Ahli Madya untuk menguasai dasar-dasar pengetahuan sehingga mampu mengimplementasikan sebuah rancangan Sistem
    • Informasi untuk penyediaan informasi akuntansi.

 

KOMPETENSI LULUSAN

Kompetensi lulusan Program Studi Komputerisasi Akuntansi diharapkan cakap dan handal dalam hal penerapan fungsi-fungsi operasional dalam bidang Komputerisasi Akuntansi untuk mendukung hasil pencapaian tujuan suatu manajemen keuangan perusahaan. Lulusan diharapkan memiliki kepribadian dan kualitas akademik untuk menjalankan tugas dan fungsinya sebagai tenaga ahli. Program studi Komputerisasi Akuntansi memberikan penekanan pada pengembangan kepribadian, sikap, serta penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai berikut :

    • Mempunyai wawasan tidak hanya bidang akademik tetapi juga non akademik yang berupa manajemen kepemimpinan, kepribadian dan integritas terhadap
    • kepentingan nasional, keterampilan akademik, jujur dan berjiwa mandiri.
    • Mampu menguasai kemampuan manajemen tekonologi informasi dan juga manajemen non teknologi informasi sebagai kemampuan daya saing dapat diandalkan serta kemampuan pengelolaan finansial yang baik.
    • Mempunyai pribadi yang selalu ingin terus belajar guna pengembangan diri untuk memperbarui kemampuan diri dari waktu ke waktu.
    • Mampu bekerja dan berkoordinasi dalam Team Group baik dalam lingkungan normal maupun lingkungan yang menuntut perubahan hasil kinerja dalam waktu relatif cepat (high pressure).

 

GELAR DAN PROSPEK LULUSAN

Lulusan program, studi D-III Komputerisasi Akuntansi akan mendapat gelar Ahli Madya (A.Md. Kom.). Lulusan program studi Komputerisasi Akuntansi jenjang Diploma dapat berkarir sebagai System Analyst dalam bidang Sistem Informasi Akuntansi, Auditor Sistem Informasi Akuntansi, Programmer Sistem Informasi Akuntansi, Konsultan Sistem Informasi Akuntansi, Staff Accounting yang berbasis IT, pegawai negeri sipil dan lain lain. Secara umum dapat dikatakan hampir pada semua bidang pekerjaan, tetapi secara khusus pada lulusan dapat bekerja pada bidang :

    • Perusahaan Teknologi Informasi.
    • Lembaga Pemerintah.
    • Lembaga Pendidikan, Universitas atau Sekolah Tinggi.
    • Lembaga Keuangan, Bank.
    • Lembaga Kesehatan, Rumah Sakit.

 

KURIKULUM

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian dan pelajaran serta penyampaian dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraankegiatan belajar mengajar di Perguruan Tinggi Mata Kuliah sebagi komponen utama kurikulum dikelompokan menjadi lima kelompok.

    • Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian(MPK) kelompokbahan kajian dan pelajaran untuk pembangunan manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, kepribadian mantap dan mandiri serta mempunyai rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan
    • Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) kelompok bahan kajian dan pelajaran yang ditunjukan terutama untuk memberikan landasan penguasaan ilmu dan keterampilan tertentu.
    • Mata Kuliah Keahlian Bekarya (MKB) kelompok bahan kajian dan pembelajaran yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
    • Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku yang diperlukan sesorang dlam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
    • Mata Kuliah Berkehidupan Bersama (MBB) kelompok bahan kajian dan pelajaran yang diperlukan seseorang untuk dapat memahami kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya.