images

15 Mei

Misi Budaya PI Ke Amerika Serikat

Dr. Nazamddin, Pembantu Rektor IV bidang Kerjasama melepas tim Tari Aceh-Pusat Seni Unsyiah 2015 yang diberangkatkan ke Amerika Serikat pada hari Rabu tanggal 13 Februari 2015. Dalam kunjungannya nanti, tim yang dipimpin langsung oleh Ari Pahlawi, dosen sekaligus koordinator bidang pengembangan program Pusat Seni Unsyiah, akan melaksanakan serangkaian agenda kegiatan pertunjukan seni, workshop, dan simposium, yang merupakan bahagian dari event budaya “Muslim Women's Voice” yang diselenggarakan oleh Center for the Arts (Pusat Seni) Wesleyan University. Selain di Wesleyan University, tim juga akan melaksanakan kegiatan serupa di 3 kampus lainnya di Boston dan Worcester, termasuk Asia Society di New York.

Dalam kegiatan pelepasan yang dilaksanakan di Rektorat Unsyiah, Dr. Nazamuddin berpesan agar selain menjaga stamina dan kesehatannya, tim juga diminta agar dapat melaksanakan misi kebudayaan ini dengan sebaik-baiknya. Kegiatan yang dibiayai langsung oleh pemerintah negara bagian dan sejumlah lembaga swasta di Amerika serikat ini, di antaranya: Asia Society dan Doris Foundation for Islamic Arts, bernilai sekitar 30.000 US Dollars yang dipergunakan untuk biaya pembuatan visa, penerbangan domestik dan luar negeri, pengadaan alat dan kelengkapan pentas seni, uang saku dan lainya.

Melalui misi budaya ini, diharapkan akan dapat dijajaki peluang kerjasama baru antara Unsyiah dan lembaga-lembaga di Amerika tersebut, khususnya bidang kebudayaan dan seni, serta pengembangan bidang penelitian dan kegiatan akademik lainya; termasuk dukungan dalam persiapan pembentukan Fakultas Seni dan Humaniora di lingkungan Unsyiah yang sudah diinisiasi oleh tim Unsyiah sejak beberapa tahun lalu.