header-int

Kemahasiswaan

Posted by : Administrator
Share

Ketentuan Umum

Yang dimaksud dengan Mahasiswa :

1. Mahasiswa adalah setiap individu yang terdaftar pada program SI dan DIII.
2. Sikap dan perilaku adalah pola pikir dan perbuatan setiap individu yang dilandasi oleh kepribadian sesuai dengan norma.
3. Tata tertib adalah suatu ketentuan yang berisikan tentang hak, kewajiban, larangan dan sanksi yang bersifat mengikat.
4. Hak adalah sesuatu yang harus diterima berkenaan dengan kewajiban yang telah dijalankan.
5. Kewajiban adalah suatu ketentuan yang harus dilakukan.
6. Larangan adalah suatu ketentuan yang tidak boleh dilakukan.
7. Sanksi adalah tindakan yang bersifat hukuman yang timbul sebagai akibat dari pelanggaran suatu pelanggaran.
8. Perkuliahan adalah proses belajar & mengajar yang dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa di dalam kelas.
9. Tidak hadir dalam proses perkuliahan adalah tidak hadir karena Ijin, Sakit & Alfa (tanpa ijin).

Hak Mahasiswa

1. Menerima perlakuan dan pelayanan yang layak dari petugas.
2. Menerima sebuah jas almamater dan dasi.
3. Menerima Kartu Mahasiswa setelah memenuhi persyaratan administrasi keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
4. Mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) setelah memenuhi persyaratan administrasi keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
5. Menerima Kartu Hasil Studi (KHS) setelah semua mata kuliah yang dikontrak dinyatakan lulus.
6. Tidak hadir dalam proses perkuliahan sebanyak maksimum 25% dari seluruh jumlah pertemuan.
7. Cuti selama maksimal 1 (satu) tahun.

Kewajiban Mahasiswa

1. Menjaga Citra nama baik almamater di dalam dan di luar kampus baik dalam perkuliahan maupun tidak.
2. Berpartisipasi pada acara-acara yang di selenggarakan oleh institusi.
3. Melaksanakan semua tugas mata kuliah dari pengajar/Instruktur yang dilaksanakan di kampus maupun di luar kampus secara individu atau kelompok dilaksanakan secara mandiri atau proses pembinaan langsung.
4. Melaksanakan Tata tertib perkuliahan secara bertanggung jawab, konsekuen dan konsisten.
5. Melaksanakan jadwal pembayaran angsuran biaya pendidikan dan biaya lain yang ditetapkan secara tepat waktu.
6. Berperilaku sopan dan bertutur kata yang santun serta mengindahkan norma yang berlaku.
7. menghormati dan memupuk tali persaudaraan terhadap pimpinan Dosen/Instruktur, karyawan dan sesama Mahasiswa dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan sesama keluarga besar Pranata Indonesia.
8. Mengenakan pakaian yang Bersih, Rapi, sopan dan berseragam sesuai dengan ketentuan sebagai berikut:

a. untuk semua jenjang, jurusan dan program jas almamater pada setiap hari Senin sampai dengan Kamis.
b. Bagi mahasiswa program profesi:

i. Mengenakan Jas almamater pada hari Senin sampai hari Kamis.
ii. Mengenakan bawahan warna biru dongker, kemeja putih, dasi warna biru dongker pada hari Senin sampai dengan Kamis.
iii. Mengenakan sepatu pantofel warna gelap setiap hari.

9. Menjaga hubungan fungsional yang Harmonis dengan pimpinan, karyawan dan dosen/instruktur.
10. Menjaga dan menegakkan 5K (keamanan, ketertiban, ketenangan, kebersihan dan keindahan).
11. Mengambil (Mengontrak) semua mata kuliah yang telah ditetapkan dalam kurikulum.
12. Mengikuti proses perkuliahan dari yang telah di kontrak minimum 75% dari seluruh pertemuan.
13. Mengikuti ujian dari semua mata kuliah yang telah dikontrak.
14. Menyampaikan pemberitahuan/ijin kepada Dosen/instruktur apabila berhalangan hadir dalam proses perkuliahan.
15. Meminta ijin/melapor kepada petugas apabila terlambat hadir dalam proses perkuliahan atau bilamana akan meninggalkan proses perkuliahan karena urusan yang tidak dapat ditinggalkan.
16. Menggantikan ketidak hadiran dalam proses perkuliahan di kelas lain dengan pengajar yang sama apabila ketidak hadiran dalam mata kuliah itu melebih 20%dai seluruh jumlah pertemuan.
17. Melapor kepada petugas apabila Dosen/instruktur belum hadir selama 15 menit dari jadwal yang ditentukan.
18. Melapor kepada petugas apabila Dosen/instruktur tidak hadir mengajar dan meminta penggantian proses perkuliahan kepada dosen yang bersangkutan.

Larangan

1. Membawa dan atau menggunakan senjata tajam/api dalam bentuk dan model apapun ke dalam lingkungan kampus baik dalam proses perkuliahan maupun tidak.
2. Membawa dan atau meminum minuman keras dan obat-obat yang terlarang ke dalam lingkungan kampus baik dalam proses perkuliahan maupun tidak.
3. Merokok, makan dan minum di dalam kelas.
4. Memakai sandal ke dalam lingkungan kampus baik dalam proses perkuliahan maupun tidak.
5. Membuat keonaran/kegaduhan di dalam kelas atau lingkungan kampus yang dapat mengganggu proses perkuliahan dan atau kinerja institusi.

6. Tidak hadir dalam proses perkuliahan tanpa pemberitahuan.
7. Mengikuti ujian (UTS/UAS) apabila jumlah kehadiran dalam proses perkuliahan kurang dari 75%.
8. Mengikuti proses perkuliahan apabila terlambat hadir melebihi 15 menit.

 

TATA TERTIB LABORATORIUM/WORKSHOP


Kewajiban Dosen

1. Mengambil kunci & memasuki laboratorium / Workshop lebih awal dari mahasiswa, meninggalkan laboratorium. Workshop setelah seluruh mahasiswa keluar dan mengunci pintu kembali.
2. Mengecek komputer atau alat-alat lain berfungsi atau tidak.

3. Memeriksa pakaian & kelengkapan mahasiswa sebelum memasuki laboratorium/Workshop.
4. Mempersilahkan mahasiswa masuk ke dalam laboratorium/Workshop atau melarang mahasiswa masuk ke dalam laboratorium/Workshop apabila tidak memenuhi ketentuan
5. Menegakkan tata tertib mahasiswa secara konsisten.
6. Mengatur penempatan tas, buku dan alat-alat lain dari mahasiswa pada tempat yang telah disediakan.
7. Mengatur tempat duduk mahasiswa secara konsisten.
8. Membimbing mahasiswa dalam pengoprasian komputer atau alat-alat lain yang di gunakan.
9. Membantu mengatasi hambatan/trouble pada komputer atau alat-alat lain yang digunakan mahasiswa.
10. Mengawasi mahasiswa dalam pengoperasian komputer atau alat-alat lain yang di gunakan.
11. Meningkatkan/menegur mahasiswa yang mengoperasikan komputer atau alat-alat lain secara tidak bertanggungjawab.
12. Melaporkan kepada kepala laboratorium / ketua jurusan apabila kejadian sebagai mana pada pion II tidak di indahkan.

Larangan

1. Meninggalkan laboratorium /Workshop pada saat mahasiswa sedang/masih melaksanakan praktek.
2. Membiarkan mahasiswa membongkar komputer atau alat-alat lain tanpa seijin pimpinan
3. Membiarkan mahasiswa menukar komputer atau alat-alat lain serta berpindah-pindah tempat duduk.
4. Melakukan tindakan yang membahayakan sarana laboratorium/Workshop.

Kewajiban Mahasiswa

1. Memasuki laboratorium / workshop setelah dijinkan oleh Dosen/Instruktur.
2. Menyimpan tas,buku dan alat-alat lain ditempat yang telah disediakan terkecuali buku yang dipergunakan.
3. Menempati tempat duduk yang telah ditentukan oleh dosen/instruktur.
4. Mengoperasikan komputer atau alat-alat lain secara berhati-hati dan bertanggungjawab sesuai dengan petunjuk dosen/instruktur.
5. Melaporkan/memberitahukan pada dosen/instruktur apabila terjadi hambatan / trouble dalam pengoperasian komputer atau alat-alat lain yang digunakan.
6. Merapikan kembali semua mesin/alat-alat yang telah dipergunakan sebelum meninggalkan kelas & membuang sampah pada tempat sampah yang telah disediakan.

Larangan

1. Membawa tas,buku atau alat-alat lain yang tidak dipergunakan.
2. Menukar/memindahk7an komputer atau alat-alat lain yang dipergunakan tanpa seijin dosen/instruktur.
3. Mengoperasikan komputer atau alat-alat lain sebelum dijinkan dosen/instruktur.
4. Berpindah-pindah tempat duduk tanpa seijin dosen/instruktur.
5. Membawa komputer atau alat-alat lain dari rumah ke dalam laboratorium/workshop atau sebaliknya tanpa seijin dosen/instruktur.
6. Membawa benda/alat-alat tertentu yang dapat membahayakan keamanan sarana di dalam laboratorium / Workshop.

 

TATA TERTIB UJIAN

Hak Mahasiswa

1. Mendapatkan pelayanan yang layak dari panitia /petugas.
2. Mendapatkan kartu ujian (UTS/UAS).
3. Mendapatkan soal ujian.
4. Mendapatkan kertas lembar jawaban.
5. Mendapatkan hasil ujian.
6. Mendapatkan nilai hasil ujian.

Kewajiban

1. Membayar ujian (UTS/UAS) sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
2. Hadir 15 menit lebih awal dari jadwal ujian sesuai dengan kelas, program dan jurusannya.
3. Duduk di tempat yang telah ditentukan.
4. Mengenakan pakaian sesuai dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Mahasiswa pria: celana warna biru dongker, Kemeja warna putih, dasi STMIK PI., jaket almamater dan sepatu pantofel warna hitam.
b. Mahasiswa Wanita : Rok warna biru dongker, kemeja warna putih, dasi STMIK PI, jaket almamater dan sepatu pantofel warna hitam, kecuali bagi yang mengenakan jilbab boleh mengenakan rok panjang dan baju lengan panjang dengan seragam yang sama.
5. Menulis identitas secara lengkap pada bagian yang telah disediakan dalam lembar jawaban.
6. Mengerjakan soal dengan tenang.
7. Menanyakan kepada pengawas bilamana mengalami hambatan dalam menerima/memahami soal yang dikerjakan.
8. Menyerah lembar jawaban dan soal kepada panitia/petugas.
9. Melapor kepada panitia/petugas bilamana terlambat datang/tidak mengenakan seragam yang ditentukan.
10. Menjalankan sanksi yang ditetapkan petugas bilamana melanggar ketentuan.
11. Membawa dan menunjukkan kartu ujian (UTS/UAS) kepada pengawas/panitia.

Larangan

1. Terlambat hadir.
2. Tidak membawa kartu ujian.
3. Menyontek pekerjaan teman/orang lain.
4. Membocorkan soal ujian kepada orang lain.
5. Pinjam-meminjam alat tulis/pinjam-meminjam soal/lembar jawaban.
6. Membuat kegaduhan/keributan.
7. Memberitahu/membantu kesulitan teman.
8. Membawa pulang soal ujian.
9. Tidak berseragam.
10. Mengenakan kaos, sandal dan celana jeans.

Sanksi

1. Teguran dari pengawas/petugas/pimpinan.
2. Peringatan tertulis dari petugas/pimpinan.
3. Lembar jawaban ditarik dan dianggap tidak ikut ujian.
4. Skorsing.
5. Dikeluarkan dari institusi sehingga semua hak kemahasiswaannya dinyatakan hangus.

TATA TERTIB KEHADIRAN

1. Hadir tepat waktu sesuai jadwal perkuliahan.
2. Mahasiswa terlambat kuliah lebih dari 30 menit tidak boleh masuk, kecuali sudah pemberitahuan sebelumnya.
3. Mengisi daftar hadir pada saat perkuliahan.
4. Berpakaian rapi, sopan, tidak boleh memakai sandal, baju kaos tanpa lengan dan tanpa kerah, dan celana sobek-sobek.
5. Mengenakan jaket/seragam sesuai hari yang ditentukan.
6. Mahasiswa tidak boleh makan, minum, merokok dalam kelas.
7. Pada saat jam perkuliahan bila ingin keluar ruangan harus seijin dosen pengasuh.
8. Jika mahasiswa tidak hadir harus memberitahukan pada dosen dengan surat dilengkapi dengan bukti yang syah.
9. Mahasiswa tidak diperbolehkan ikut ujian bila kehadiran kurang dari 75%.
10. Mahasiswa memahami tugas dan tanggung jawabannya, serta melaksanakannya dengan baik.
11. Mahasiswa wajib menjaga nama baik almamater, (termasuk sesama mahasiswa dosen karyawan, pimpinan dan yayasan).
12. Mahasiswa wajib ikut menjaga ketertiban, ketenangan dan kenyamanan kuliah, keamanan dan kebersihan lingkungan.

Kewajiban Mahasiswa

1. Menaati peraturan yang ditetapkan institusi.
2. Berlaku dan bersikap sopan dan wajar pada sesama mahasiswa, dosen karyawan dan pimpinan serta yayasan.
3. Berusaha meningkatkan prestasi akademik.
4. Berusaha menghindarkan diri dari perbuatan yang bias mengakibatkan mahasiswa Droup Out (DO).

 

TINDAK PELANGGARAN TATA TERTIB

Umum

Sanksi bagi mahasiswa bukan merupakan hukuman, tetapi merupakan upaya untuk menciptakan Lingkungan yang aman, tertib, teratur sehingga proses perkuliahan berjalan dengan lancar.
Sanksi mempertimbangkan alasan pelanggaran, frekuensi pelanggaran, berat/ringan pelanggaran dan Peraturan/ketentuan yang berlaku.

1. Peringatan lisan : 3 Bulan
2. Surat peringatan pertama/peringatan TK II : 6 Bulan
3. Surat peringatan kedua /peringatan TK III : 6 Bulan
4. Surat peringatan ketiga/peringatan tingkat IV : 6 Bulan
5. Pembatasan kuliah sementara (Skorsing).
6. Skorsing di berikan kepada mahasiswa yang melanggar peraturan sampai kena sanksi DO.
7. Sedang dalam pemeriksaan pihak berwajib dengan batas waktu maksimal satu semester/6 Bulan, dan bila mahasiswa dinyatakan yang bersangkutan DO.
8. Skorsing dimaksudkan untuk tindakan pengamanan, pendingin dalam rangka pengampunan terhadap mahasiswa.

Institusi berusaha menghindari Droup Out mahasiswa, kecuali mahasiswa melakukan pelanggaran/kesalahan besar atau masih melakukan pelanggaran sekalipun sudah diberi peringatan terakhir.

Peringatan lisan

1. Masuk kuliah dengan pakaian yang tidak layak.
2. Tidak menjaga kebersihan dan kerapihan tempat kuliah.
3. Meniggalkan ruang kuliah tanpa seijin dosen.
4. Melakukan panggilan melalui HP pada saat perkuliahan.
5. Tidak kuliah tanpa alasan yang sah selama 2 kali.
6. Terlambat kuliah 3 kali berturut-turut.
7. Tidak mengisi absen perkuliahan 2 kali berturut-turut.
8. Tidak mengindahkan tata tertib perkuliahan.
9. Melanggar peraturan lain yang setara.

Peringatan pertama, misalnya :

1. Mengabsensikan mahasiswa lain/mengacaukan absensi perkuliahan.
2. Mengganggu ketenangan perkuliahan.
3. Merokok dalam ruangan kuliah.
4. Mengotori, membuang sampah sembarangan dan mencorat-coret di lingkungan kampus.
5. Peningkatan sangsi setelah peringatan lisan diabaikan.
6. Pelanggaran lain yang di anggap setara dengan peringatan pertama.

Peringatan Kedua, misalnya :

1. Menggunakan alat-alat lembaga dengan tidak hati-hati sehingga menimbulkan kerusakan.
2. Menghilangkan alat-alat lembaga tanpa bertanggungjawab dan tidak ada ganti rugi.
3. Merobek atau mencorat-coret pengumuman kelembagaan/Yayasan.
4. Dengan sengaja melakukan perbuatan yang dapat merugikan lembaga dan yayasan.
5. Peningkatan sangsi setelah peringatan pertama diabaikan.
6. Pelanggaran lain yang dianggap setar dengan peringatan kedua.

Peringatan Ketiga/terakhir, misalnya :

1. Melakukan keonaran, demonstrasi dilingkungan kampus.
2. Membawa minuman keras/cairan berbahaya dalam lingkungan kampus.
3. Berjudi atau melakukan permainan yang dianggap judi di lingkungan kampus.
4. Memindahkan barang milik lembaga/yayasan ketempat orang lain dengan maksud ingin dimiliki.
5. Memiliki Indek prestasi per semester dibawah 2.00 dua kali berturut-turut.
6. Peningkatan sangsi setelah peringatan kedua di abaikan.
7. Pelanggaran lain dianggap setara dengan peringatan ketiga.

Putus kuliah/ Droup Out.

1. Melakukan pencurian,penggelapan,pemalsuan nilai/ dokumen Kartu Hasil Studi (KHS),karya tulis ilmiah,atau dokumen lain seperti sertifikat kompetensi, surat-surat dari kelembagaan/yayasan, kuitansi pembayaran bank atau lembaga/yayasan dan tindak pidana lainnya,(bagi mahasiswa yang sudah diwisuda maka akan dibatalkan ketetapan hukum sebagai lulusan bila dikemudian waktu dalam masa perkuliahan terbukti melanggar ketentuan yang berlaku).
2. Melakukan keonaran/Demonstrasi yang fatal sehingga merugikan Asset lembaga atau yayasan.
3. Berkelahi bukan membela diri dengan siapapun dilingkungan kampus.
4. Menghina /mencemarkan nama baik sesama mahasiswa, karyawan, dosen, pimpinan dan pejabat yayasan.
5. Melakukan tindak kekerasan mengancam sesama mahasiswa,karyawan dosen dan pejabat yayasan.
6. Mahasiswa merusak Asset lembaga/yayasan dengan sengaja, sehingga menimbulkan kerugian besar.

7. Mahasiswa melakukan pungutan liar di dalam kampus.
8. Memikat, membujuk, melakukan provokasi, mengedarkan selebaran yang menimbulkan keresahan di dalam kampus, serta perbuatan yang melanggar hukum dan norma terhadap mahasiswa lainnya, karyawan, dosen pimpinan lembaga dan pejabat yayasan atau keluarga mereka.
9. Memberikan keterangan palsu atau memutarbalikkan fakta.
10. Mabuk dilingkungan kampus.
11. Menyalahgunakan obat terlarang, membawa/mengedarkan narkotika dalam lingkungan kampus.
12. Melakukan pemukulan kepada sesama mahasiswa,karyawan,dosen pimpinan lembaga dan pejabat yayasan atau keluarga mereka.
13. Membawa senjata api atau bahan peledak ke dalam lingkungan kampus.
14. Memiliki Indek prestasi persemester dibawah 2.00 tiga kali berturu-turut.
15. Mendirikan/mengikuti organisasi kemahasiswaan yang tidak memiliki dasar hukum yang berlaku, sehingga sulit untuk dapat dipertanggung jawabkan oleh berbagai pihak.
16. Peningkatan sangsi setelah peringatan ketiga diabaikan.
17. Pelanggaran lain yang di anggap setara dengan sangsi putus kuliah/Droup Out.

Penyelesaian Keluh Kesah Mahasiswa dan Pengaduan Mahasiswa

1. Pengaduan atau keluh-kesah di sampaikan pertama pada Pembimbing Akademik.
2. Bila langkah pertama tidak menghasilkan penyelesaian, maka dengan sepengetahuan pembimbing akademik mahasiswa yang bersangkutan dapat menyampaikan keluhan/pengaduan kepada ketua jurusan.
3. Bila langkah kedua tidak menghasilkan penyelesaian, maka dengan sepengetahuan pembimbing akademik dan ketua jurusan mahasiswa yang bersangkutan dapat menyampaikan keluhan/pengaduan kepada pimpinan cabang/koordinator kampus dan bila belum dapat diselesaikan sampai pimpinan Perguruan tinggi.
4. Apabila setelah dirundingkan tidak berhasil maka akan diselesaikan sesuai dengan Ketentuan hukum yang berlaku.
5. Selama masalah belum dapat diselesaikan semua pihak berkewajiban menjaga kegiatan kampus tetap kondusif, dan tidak mengganggu proses perkuliahan.

Berbagai sebab putus kuliah/ Drop Out Mahasiswa.

1. Mahasiswa meninggal dunia.
2. Mahasiswa mengundurkan diri.
3. Mahasiswa divonis hukuman penjara.
4. Indek prestasi mahasiswa dibawah 2.00 selama 3 semester beturut-turut.
5. Mahasiswa tidak mampu kuliah karena cacat fisik maupun mental.
6. Mahasiswa putus kuliah /DO akibat melanggar tatatertib dan disiplin mahasiswa.

 

PENUTUP

1. Tata tertib ini dibuat untuk diperhatikan dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.
2. Semua Ketentuan yang bertentangan dengan tata tertib ini dinyatakan tidak berlaku.
3. Hal-Hal yang belum tercantum dalam tata tertib ini akan ditentukan kemudian
berdasarkan situasi dan kebutuhan.

Unidha Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Pranata Indonesia
Sekolah Tinggi Manajemen Ilmu Komputer yang ada di Bekasi dan Menjadi Sekolah Tinggi Swasta yang Profesional, Berdaya Saing Link and Match
© 2018 Pranata Indonesia Follow Pranata Indonesia : Facebook Twitter Linked Youtube