Proses Akreditasi PS Komputerisasi Akuntansi secara Online

STMIK Pranata Indonesia pada hari ini sedang melaksanakan proses akreditasi secara online oleh BAN-PT  dan sebagai assesor adalah A Totok Budisantoso, SE., MBA., Akt. – Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Nedsal Sixpria, SE, MM., Ak – Politeknik Negeri Jakarta. Rabu, 7 April 2021

Dalam keadaan normal, kegiatan asesmen lapangan dilakukan oleh asesor dengan mengunjungi lokasi Perguruan Tinggi (face to face mode) dengan jadwal dan agenda kegiatan sesuai dengan ketentuan instrumen akreditasi yang digunakan. Namun demikian, terhitung sejak Maret 2019 kunjungan ke Perguruan Tinggi tidak dapat dilakukan maka Dewan Eksekutif BAN-PT mengambil langkah untuk melaksanakan asesmen lapangan secara daring karena kunjungan ke Perguruan Tinggi tidak dapat dilakukan selama masa pandemi Corona Virus Disease -2019 (COVID -19).

Akreditasi sendiri menjadi tuntutan wajib dari pemerintah kepada perguruan tinggi. Tuntutan ini diatur dari UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 61. Dengan akreditasi ini, menjadi upaya pemerintah menjamin mutu suatu lembaga pendidikan oleh lembaga yang independen, disini BAN-PT. Angka akreditasi jadi bukti bahwa kegiatan pendidikan dan pengajaran sudah sesuai dengan standar jaminan mutu.

Akreditasi pastinya sangat diperlukan untuk standar ukuran tentang mutu pendidikan pada suatu lembaga pendidikan perguruan tinggi, dimana setiap perguruan tinggi harus bisa meningkatkan mutu dan daya saing terhadap lulusannya dan dapat menjamin tentang proses belajar mengajar pada perguruan tinggi tersebut, dan sebagai acuan untuk memberikan informasi tentang sudah siapnya suatu perguruan tinggi tersebut dalam melakukan kegiatan proses belajar mengajar sesuai standarisasi yang diberikan oleh pemerintah, untuk itu dalam kegiatan ini disamping sivitas akademika juga melibatkan untuk berinteraksi secara daring beberapa alumni dan pengguna eksternal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *