Selamat Hari Raya Idul Fitri

Idul Fitri merupakan hari raya yang senantiasa dinantikan setiap tahunnya. Tidak hanya bagi umat Muslim yang merayakannya, tetapi juga bagi seluruh warga Tanah Air. Idul Fitri atau dikenal juga sebagai Lebaran jatuh pada 1 Syawal pada penanggalan Hijriah. Pada hari itu, umat Muslim merayakan hari kemenangan, setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa. Lebaran identik dengan momen penuh kegembiraan, lazimnya dimanfaatkan untuk saling memaafkan sekaligus menyambung silaturahmi dengan keluarga dan kerabat.

Menyambut Idul Fitri 1442 Hijriah Momen Lebaran senantiasa dimanfaatkan para perantau untuk melepas rindu dengan keluarga, terutama berjumpa dengan orangtua. Maka tak pelak, kembali ke kampung halaman seperti menjadi keharusan setiap Lebaran tiba, meski harus melakukan perjalanan jauh atau bahkan macet untuk tiba ke kampung halaman.
Sebagai contoh, pada 2018 lalu, kepadatan kendaraan saat Lebaran terjadi di sejumlah jalur Pulau Jawa. Beberapa ruas jalan arteri atau non-tol yang menjadi titik kemacetan, antara lain Simpang Jomin, Brebes/Tegal-Banyumas, Magelang-Yogyakarta, Bawen-Boyolali, dan Nagreg-Limbangan-Bumiayu.
Sementara untuk jalur tol, sejumlah titik kemacetan berada di sekitar Gerbang Tol Cikarang Utama, Ciawi, Palimanan, Kertasari, dan Merak, serta Tol Batang-Semarang, Semarang-Solo, dan Jakarta-Cikampek.

Namun, di tahun 2021 ini, pemerintah telah memutuskan peniadaan kembali mudik selama momen Lebaran. Tenang saja, masih ada tahun-tahun selanjutnya kok untuk merayakan Lebaran bersama keluarga di kampung halaman!

” Taqabbalallohu Minna wa Minkum. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442H Mohon maaf lahir dan batin.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *