Sosialisasi dan Rapat Pelaksanaan Pengajaran Dosen Semester Gasal 2021/2022

Sebagai langkah awal Semester Gasal tahun akademik 2021/202, pada hari Kamis, 9 September 2021 STMIK Pranata Indonesia menggelar Rapat Dosen di Gedung Kampus Pranata Indonesia Pengasinan mulai dari pukul 09.15.00 WIB.  Rapat persiapan awal semester gasal 2021/2022 dihadiri ole Ketua, Para Wakil Ketua, Kepala Lembaga Penjamin Mutu Internal (LPMI), Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM).

Sebagai pembuakaan awal di buka oleh Bpk. Hari Subagdja, M.M., M.Pd., beliau menyampaikan susunan acara Sosialisasi dan Rapat Pelaksanaan Pengajaran Dosen Semester Gasal 2021/2022. Adapun list materi acara sebagai berikut :

JADWAL ACARA RAPAT DOSEN

Kamis/9 September 2021

WaktuMateriPembicara
 09.00 – 09.05PembukaanMC
 09.05 – 09.15Pengarahan Ketua STMIKDrs Yusrodi M.Si
 09.15 – 10.15Beban Kerja  Dosen dan Laporan Kinerja DosenDrs Edy Junaidi MS
10.15 – 11.00Perhitungan Angka Kredit Dosen/JafungMetty Titin Herawati S.Pd, M.Pd
11.00 – 1145Norma dan Etika DosenIr. Khabibillah, M.Kom.
 12.15 – 13.15IshomaMC
13.00 – 13.45 RPS dan Silabus Prodi D.Cahyadi S.Kom,M.Kom, Iwan Mulyana S.Kom,M.Kom
 13.45 – 14.30Format Laporan Penelitian dan Laporan PKMIswandi S.Pt,MM
14.30 – 15.15SIAP,E Learning,SisterImam Zaenudin S.Kom,M.Kom
15.15 – 15.30PenutupMC

Pada kesempatan tersebut Ketua STMIK pranata Indonesia, Drs. Yusrodi CHP, M.Si. Beliau menyampaikan terkait sejarah bagaimana terbentuknya STMIK Pranata Indonesia dan menyampaikan materi bagaimana dosen tersebut menjadi dosen yang berkulitas, maka harus di paham

Dosen harus Perkuat Kompetensi Pedagogik yaitu dosen harus mengetahui betul karakteristik mahasiswa yang di ajar, proses pembelajaran itu tidak hanya transfer of knowledge tetapi juga transfer of values atau nilai. Transfer nilai inilah yang harus ditekankan kepada mahasiswa ketika mengajar, agar mahasiswa memiliki karakter dan akhlak yang baik lagi.

Dosen harus Memiliki Kepribadian, mengapa karena Kepribadian atau personality seorang dosen akan selalu direkam oleh mahasiswanya. Tidak jarang kita dengar mahasiswa menamai dosennya dengan berbagai sebutan atau labeling, seperti contoh dosen killer, dosen galak, dosen suka telat, dosen pelit nilai dan lain sebagainya. Meski sebutan-sebutan tadi tidak mutlak valid dengan kondisi aslinya, namun ihwal tersebut dapat dijadikan renungan

“utamakan adab sebelum ilmu”

Dalam rapat kali ini, menghimbau agar setiap dosen tetap terus berkomitmen untuk memberikan pengajaran yang terbaik bagi seluruh mahasiswa, sehingga hal-hal seperti keterlambatan dan kekosongan kelas tidak dilakukan oleh setiap dosen. Para dosen juga tetap diminta untuk membuat dan memperhatikan RPS agar bisa mencapai target yang telah ditetapkan oleh Kampus, selain itu Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Ini semua harus ada dalam diri seorang dosen yang harus meningkatkan kapabilitas dan transformasi keilmuannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *