Seminar Anti Korupsi 2022

Mahasiswa sebagai salah satu bagian penting dari masyarakat yang merupakan pewaris masa depan diharapkan dapat terlibat aktif dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. Sebagai salah satu bagian penting dari masyarakat yang merupakan pewaris masa depan, diharapkan dapat terlibat aktif dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. Mahasiswa perlu dibekali dengan pengetahuan yang cukup tentang seluk beluk korupsi dan pemberantasannya. Mahasiswa harus dapat memahami dan menerapkan nilai-nilai antikorupsi dalam kehidupan sehari-hari. Demikianlah tujuan diselenggarakannya Seminar Mata Kuliah Anti Korupsi, oleh 2 pemateri yaitu Bpk. Ir. Teguh Prasetyo, M.M. untuk sesi pagi dan Bpk. Iswandi S.Pt., M.M. pada sesi 2, Kamis, (23/3) kali ini.

Berbagai pengetahuan tentang korupsi disampaikan dengan gamblang oleh para pemateri, diantaranya tentang sejarah per-UU-an korupsi, beberapa pengertian korupsi, unsur-unsur korupsi, jenis korupsi, faktor penyebab korupsi, dan lain-lain. Dampak masif korupsi meliputi dampak terhadap ekonomi, sosial dan kemiskinan masyarakat, birokrasi pemerintahan, politik dan demokrasi, penegakan hukum, pertahanan dan keamanan, serta terhadap kerusakan lingkungan, dijelaskan pula secara panjang lebar oleh kedua pemateri. Dilanjutan dengan penjelasan tentang upaya pemberantasan korupsi meliputi upaya pencegahan, upaya penindakan, upaya edukasi.

Bagaimana peran mahasiswa agar berintegritas dan bersih dari korupsi? pemateri dalam paparannya disebutkan bahwa mahasiswa didukung oleh kompetensi dasar yang mereka miliki, yaitu: intelegensia, kemampuan berpikir kritis, dan keberanian untuk menyatakan kebenaran. Dengan kompetensi yang mereka miliki tersebut mahasiswa diharapkan mampu menjadi agen perubahan, mampu menyuarakan kepentingan rakyat, mampu mengkritisi kebijakan-kebijakan yang koruptif, dan mampu menjadi watch dog lembaga-lembaga negara dan penegak hukum.

Peran mahasiswa di lingkungan kampus, berbagai bentuk kegiatan dapat dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai anti korupsi kepada komunitas mahasiswa dan organisasi kemahasiswaan agar tumbuh budaya anti korupsi di mahasiswa. Sedangkan di tingkat lokal dan nasional, keterlibatan seorang mahasiswa dalam gerakan anti korupsi bertujuan agar dapat mencegah terjadinya perilaku koruptif dan tindak korupsi yang masif dan sistematis di masyarakat.

Berikut video lengkap kegiatannnya:

2 thoughts on “Seminar Anti Korupsi 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.