10 Kisah Mukjizat Nabi Muhammad SAW Yang Diberikan Oleh Allah SWT

Allah SWT memberikan mukjizat kepada nabi dan rasul-Nya, tak terkecuali Rasulullah. Tahukah kamu apa saja mukjizat Nabi Muhammad yang diberikan oleh Allah. Mukjizat adalah suatu hal luar biasa atau bisa disebut keajaiban yang diberikan oleh kepada nabi dan rasul-Nya untuk membuktikan kenabian. Kisah tentang mukjizat banyak disebutkan dalam Al-Qur’an dan hadis. Seperti halnya mukjizat Nabi Musa yang yang mampu membelah Laut Merah atau mukizat Nabi Isa yang bisa berbicara ketika masih bayi.

1. Kitab Suci Al-Qur’an

Mukjizat Nabi Muhammad yang terbesar adalah kitab suci Al-Qur’an yang menjadi penunjuk dan penuntun hidup umat Islam. Melalui Al-Qur’an, Allah menyebutkan bahwa mukjizat berupa kitab suci diberikan kepada empat orang nabi dan rasul. Nabi dan razul yang menerima mukjizat berupa kitab adalah Nabi Musa AS, Nabi Daud AS, Nabi Isa AS, dan Nabi Muhammad SAW. Al-Qur’an merupakan mukjizat yang abadi sepanjang zaman, berbeda dengan kitab lainnya yang hanya berlaku pada zamannya masing-masing.

2. Membelah Bulan

Kisah mukjizat Nabi Muhammad membelah bulan terjadi ketika orang-orang kafir menantang Muhammad untuk membuktikan kenabiannya dengan cara membelah bulan. Menanggapi tantangan tersebut, Muhammad kemudian menunjuk ke arah bulan.

Lalu atas kehendak Allah, bulan terbelah menjadi dua seperti disebutkan dalam hadis. Dari Anas ibn Malik “Bahwa penduduk Mekkah meminta kepada Rasulullah agar beliau menunjukkan tanda (mukjizat). Maka beliau memperlihatkan kepada mereka bulan terbelah menjadi dua bagian hingga dapat terlihat Gua Hira dari celah diantaranya.” (al-Bukhari: 3579).

3. Air Mengalir dari Jari Tangan

Dalam kitab Shahih Muslim, diceritakan bahwa Rasulullah bisa mengeluarkan air dari sela-sela jarinya yang kemudian digunakan oleh umat Islam yang kesulitan mendapatkan air untuk berwudhu. Air yang keluar dari sela-sela jarinya cukup digunakan berwudhu oleh sekitar 60-80 orang.

4. Sedikit Makanan Cukup untuk Banyak Orang

Dikisahkan Abu Thalhah dan istrinya mendengar bahwa Rasulullah lemas, lantas kemudian mereka mengundang Rasulullah untuk makan. Rasulullah datang membawa sekitar 70-80 orang pada jamuan tersebut. Namun, jumlah makanan yang disiapkan tidak cukup. Sebelum acara dimulai, Rasulullah mendoakan makanan tersebut dan tamu diminta untuk makan bergantian. Semua orang termasuk Abu Thalhah dan istrinya bisa makan dengan kenyang.

5. Segelas Susu yang Mengenyangkan Banyak Orang

Mirip seperti kisah jamuan dari keluarga Thalhah, ini adalah mukjizat segelas susu yang sanggup mengenyangkan banyak orang. Rasulullah memiliki seorang sahabat yang sangat miskin dan sering kelaparan, ia adalah Abu Hurairah. Suatu hari, Abu Hurairah sedang duduk di pinggir jalan, kemudian Rasulullah melintas dan meminta dia untuk mengikutinya. Rasulullah menemukan segelas susu dan lalu bertanya kepada sang istri dari segelas susu tersebut didapat. Abu Hurairah lantas diminta untuk memanggil sekumpulan sahabat yang tinggal di masjid Rasulullah.Segelas susu tersebut mampu mengenyangkan para sahabat, termasuk Abu Hurairah dan Rasulullah.

6. Doa Meminta Diturunkan Hujan

Ketika Rasulullah sedang menyampaikan khotbah Jumat, ada orang yang meminta agar turun hujan karena kekeringan yang melanda. Rasulullah kemudian berdoa dan hujan pun turun terus-menerus hingga ke hari Jumat di minggu berikutnya.

7. Mengobati Sakit Mata

Sebelum menaklukkan Benteng Khaibar, Ali bin Abi Thalib yang waktu itu bertugas sebagai pemegang bendera sedang sakit mata. Mengetahui hal tersebut, Rasulullah memanggil Ali dan meludahi matanya yang sakit. Setelah itu, mata Ali pun sembuh dan tidak tampak seperti pernah sakit mata.

8. Meramalkan Istri

Rasulullah meramalkan bahwa istrinya yang paling rajin bersedekah akan meninggal tidak lama setelah ia meninggal. Ramalan tersebut pun terbukti dengan meninggalnya Zainab yang dikenal rajin bersedekah tak lama setelah Rasulullah meninggal.

9. Petir Pelindung Tubuh

Salah satu mukjizat Nabi Muhammad yang terjadi pada masa peperangan adalah petir yang melindungi tubuhnya. Petir tersebut melindungi tubuh Rasulullah ketika Ia akan dibunuh oleh Syaiban bin ‘Utsman pada Perang Hunain.

10. Peristiwa Isra dan Mi’raj

Selain Al-Qur’an, Mukjizat Nabi Muhammad terbesar adalah peristiwa Isra dan Mi’raj yang sampai saat ini masih dirayakan oleh umat Islam. Dari peristiwa itulah kemudian Allah memerintahkan umat Islam untuk melaksanakan salat lima waktu.

Sumber :99.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *